Resi Bisma, kesatria utama dari Hastinapura

Resi Bisma yang memiliki nama Dewabrata saat mudanya, merupakan salah satu kesatria utama dari negara Hastinapura, dia merupakan putra dari Raja Prabu Sentanu dan Dewi Jahnawi. Hanya saja sejak lahir Bisma atau Dewabrata tidak pernah mengenal siapa Ibu kandungnya. Dia dibesarkan dengan kasih sayang dari Ibu angkatnya yang bernama Dewi Durgandini, seorang putri yang menjadi istri seorang Begawan bernama Palasara. Sejak kecil Bisma tak pernah mengenal kasih sayan dari seorang Ibu kandung. gambaran ibu bagi bisma dia dapatkan dari cerita ayahnya, Prabu Sentanu yang mengatakan bahwa ibunya adalah seorang putri jelita keturunan bangsa dewa yang memiliki nama asli Betari Gangga yang menjejaki jalan kematiannya dengan terjun ke sungai Gangga sesaat setelah melahirkan dewabrata alias bisma.
salah satu yang terkenal dari tokoh wayang ini adalah, sumpahnya yang tak akan mengambil haknya atas tahta Hastinapura,kendati dialah putra mahkota yang paling berhak, juga sumpahnya yang tak akan menikah dan menyentuh perempuan seumur hidupnya agar tak ada keturunannya yang bisa menuntut tahta dari kerajaan Hastinpura. Sumpah itu terucap sebagai bentuk hormatnya kepada Dewi Durgandini yang menginginkan agar anak kandungnyalah yang menjadi raja di singgasana Hastinapura. Sumpah yang mampu merubah jalan hidup Bisma, sumpah itu pulalah yang menyebabkan Bisma tanpa sengaja menewaskan Dewi Amba,seoran putri kesatria dari negeri Giyantipura yang sempat dicintainya. 
perjalanan tokoh ini sangat panjang dan fenomenal, Perang Akbar Baratayudha yang dikobarkan Duryudana,sulung Kurawa merupakan perang antarsaudara yang sangat disesalkan sekaligus ditunggu seumur hidupnya. karena melalui perang itulah Bisma berkesempatan menempuh jalan kematiannya, rela mati di tangan Srikandi, seorang putri kesatria dari Cempalareja. tak ada yang menyadari bahwa semua yang ada pada diri Srikandi mirip dengan Dewi Amba.
seluruh pribadi Bisma menjadi inspirasi tersendiri bagi Pandawa bersaudara yang terhitung masih menjadi cucunya.tak ada yang tau kedalaman hati dan pikirannya,yang masih tetap setia menjaga cintanya untuk mendiang Dewi Amba,dan mengagumi secara diam2 sosok Raja Dwarawati, Prabu Kresna. Di perang Baratayudha itulah Bisma tewas secara terhormat sebagai seorang kesatria,sbg panglima perang,sbg satu2nya tokoh wayang yang menghabiskan seluruh hidupnya demi pengabdian, dan sebagai teladan luhur bagi Pandawa dan Kurawa.

100% karya sendiri... Not Copas
Salam Semangat!!!!
Kartika Gadis Optimis,.,.


0 Response to "Resi Bisma, kesatria utama dari Hastinapura"

Posting Komentar