Duryudana, Sang Pemimpin Kurawa, Pengobar Perang Baratayudha


Jika dikelompok kita mengenal Yudistira sebagai sulung para Pandawa, sekarang akan kuperkenalkan kepada pembaca yang budiman dan mencintai budaya dari tanah jawa, Sang pemimpin dari kelompok Kurawa, Prabu Duryudana.
Prabu Duryudana merupakan anak pertama dari Prabu Destarata dan Dewi Gendari, dialah yang menjadi sulung para kelompok Kurawa. Duryudana memiliki sifat yang culas dan selalu kurang senang dengan kehidupan para Pandawa, dalam hidupnya, dia selalu didampingi oleh Patih Sengkuni, yang tak lain adalah pamannya sendiri, adik kandung dari Dewi Gendari dari kerajaan Plasajenar.
Duryudana dan Sengkuni memang dekat apalagi sejak Duryudana memegang posisi sebagai raja di Negeri Hastinapura, menggeser posisi ayahnya yang sebenarnya masih berkuasa sebagai raja tertinggi di Hastinapura. Duryudana menobatkan dirinya sendiri sebagai pimpinan Hastinapura tanpa mendapat ijin, restu dan persetujuan dari para sesepuh Hastinapura seperti Resi Bisma, Arya Widura dan Prabu Salya.
Dia semakin bertingah keterlaluan saat para Pandawa berhasil diperdaya sehingga harus terusir dari Hatinapura. Dia kerahkan Hastinapura sesuai dengan keinginannya sendiri, seakan dialah yang benar-benar berkuasa diatas tanah Hastinapura, dengan memanfaatkan kelemahan ayahnya yang tidak memiliki penglihatan yang memadai.
Dibawah kepimimpinannya, Hastinapura mengalam masa-masa tak secerah pada saat Prabu Pandu masih memegang kekuasaan di kerajaannya.
Pandawa yang masih memiliki hak atas tanah Hastinapura seringkali datang ke Hastinpura untuk meminta hak mereka, paling tidak setengah dari kerajaan peninggalan ayah mereka. Oleh karena itu  tak jarang BIma, Arjuna , Nakula, Sadewa dan Kresna berkali-kali datang sebagai duta bagi Puntadewa untuk meminta separuh dari kerajaan Hastinapura.
Namun puncak daripada kecurangan Duryudana adalah tantangan perang yang dilayangkan kepada Pandawa .
Duryudana tewas ditangan Bima pada perang yang telah direncanakannya sendiri.

100% karya sendiri
NOt COpas
Salam Semangat!!!
Kartika SI Gadis Optimis.

0 Response to "Duryudana, Sang Pemimpin Kurawa, Pengobar Perang Baratayudha"

Posting Komentar